$show=home

WHAT'S TRENDING NOW?$type=grid$count=3$ct=0$rm=0$sn=0$color=#fc1049$va=0$show=home$mt=0$hide=mobile

Tempat lahir Iluminati, kelompok yang menentang pengaruh agama

Sejarah Iluminati didirikan oleh seorang profesor hukum Universitas Ingolstadt, Adam Weishaupt pada 1 Mei 1776.

Lebih dari 200 tahun sejak Iluminati dibentuk untuk menentang pengaruh agama pada kehidupan sehari-hari, kelompok ini telah menjadi salah satu objek teori konspirasi 'terpanas' sepanjang masa.

"Saya dengar pernah ada beberapa pertemuan di sini. Tapi di mana atau kapannya, saya tidak tahu," kata suster Anna kepada saya.

Tidak gampang untuk membuat Anna mau angkat suara soal Iluminati. "Mereka berasal dari berbagai tempat di Prancis, Inggris, dan banyak lagi. Tapi yang jelas, Kota Ingolstadt ini adalah tempat pertemuan mereka di Eropa."

Bekerja di sebuah toko buku di seberang gereja Gothic Liebfrauenmünster, Anna tentu bertemu dengan banyak orang. Namun, tidak sedikit dari mereka yang datang ke kota itu seperti tokoh-tokoh dalam kisah misteri. Mereka adalah para pengikut Iluminati, yang diyakininya masih mengadakan pertemuan-pertemuan rahasia di kota di wilayah Bayern -atau Bavaria, Jerman.

Cerita bahwa pertemuan Iluminati dilakukan di kota kecil ini mungkin terdengar berlebihan. Namun, Ingolstadt memang punya catatan sejarah terkait kelompok rahasia itu. Kota ini adalah tempat lahirnya iluminati, kelompok yang memang ada secara fakta sejarah, tetapi dilingkupi banyak mitos dan menjadi objek berbagai teori konspirasi.

Piramida dan mata yang memantau semuanya, digunakan dalam lembar dolar Amerika. Mata dan piramida itu juga digunakan sebagai simbol sekte Illuminati di Jerman, pada abad ke 18.

Iluminati didirikan oleh seorang profesor hukum Universitas Ingolstadt, Adam Weishaupt pada 1 Mei 1776. Organisasi rahasia itu didirikannya untuk melawan pengaruh agama pada kehidupan masyarakat. Iluminati juga menentang penyalahgunaan kekuasaan oleh pemerintah. Weishaupt mengharapkan pemerintah tetap memberikan ruang yang aman bagi masyarakat untuk mengeluarkan kritikan, berdebat dan bebas berpendapat.

Terinspirasi kelompok Freemasons, Weishaupt percaya bahwa masyarakat seharusnya tidak diatur oleh ajaran agama. Masyarakat harusnya mendapatkan kebebasan dan tidak terpaku pada standard moral yang ditentukan oleh agama.

Dengan memilih lima orang mahasiswa hukumnya yang paling berbakat, untuk bergabung, kelompok ini kemudian berkembang dengan sangat cepat. Selain berupaya mencerahkan mahasiswanya dari pendidikan yang cenderung radikal, iluminati pun berkembang menjadi kelompok berisi informan yang melaporkan sejumlah tingkah laku korup para pejabat pemerintah dan tokoh agama.

Dengan bantuan seorang diplomat kenamaan Jerman, Baron Adolf Franz Friedrich dan Freiherr von Knigge, yang merekrut anggota Freemason untuk bergabung ke iluminati, kelompok rahasia ini kemudian memiliki lebih 2.000 anggota yang di antaranya tersebar di Bavaria, Prancis, Hungaria, Italia dan Polandia.

Ironisnya, di kota tempat kelompok ini dibentuk, warisan iluminati nyaris tidak diketahui para penduduk setempat.

"Tidak banyak orang yang tahu. Tapi jelas, iluminati adalah bagian dari sejarah Ingolstadt," kata seorang wartawan lokal, Michael Klarner, kepada saya, di luar bangunan Universitas Ingolstadt yang berdiri megah bak gereja.

"Tapi jelas, Weishaupt itu revolusioner," kata Klarner melanjutkan. "Dia yakin bahwa pendidikan bisa membuat orang jadi manusia yang lebih baik. Dia ingin mengubah masyarakat, mewujudkan mimpi untuk kehidupan yang lebih baik, pemerintahan yang lebih baik. Dia mendirikan iluminati dengan landasan bahwa semua hal seharusnya dapat dipahami lewat pendidikan, sesuatu yang kala itu bahkan ditentang oleh kampus."

Batu bertulis di dinding bekas rumah Weishaupt yang disebut sebagai tempat pertemuan Iluminati.

Ketika masuk ke dalam kampus, saya sibuk mencari-cari tanda organisasi yang dibuat oleh Weishaupt tersebut, di dinding kampus tua itu. Namun, tidak menemukan apa-apa. Dan tentunya itu tidak mengagetkan karena iluminati tidak didirikan untuk diketahui secara gamblang.

Umur organisasi ini juga tidak panjang. Sekitar satu dekade setelah didirikan, kelompok rahasia itu disusupi oleh otoritas Bavaria, setelah iluminati meluncurkan tulisan-tulisan anti pemerintah. Iluminati pun dibubarkan dan Weishaupt diusir dari ingolstadt dan pindah menghabiskan sisa hidupnya di Kota Gotha, Jerman, 300km di utara Ingolstadt.

Meskipun begitu, ide tentang kelompok rahasia yang menentang pemerintah, terus membara di imajinasi orang-orang. Kondisi ini membuat banyak pihak percaya bahwa iluminati tidak pernah dibubarkan. Berbagai teori konspirasi pun bermunculan. Iluminati disebut berada di balik Revolusi Prancis, pembunuhan John F. Kennedy, bahkan peristiwa 11 September 2001.

Untuk menjawab ini, saya pun bertemu dengan Maria Eppelsheimer, aktivis kota Ingolstadt. Perempuan ini sedang mencari buku tua tentang iluminati di Stadtmuseum Ingolstadt, museum kota itu.

"Saya rasa itu adalah topik paling menarik yang kupasannya bisa kita dapatkan di sini," kata Eppelsheimer sambil memilih-milih buku. Dia pun kemudian menarik sebuah buku paling kecil yang berderet di sebuah lemarin. Buku itu berjudul Apologie der Illuminaten. Buku yang ditulis Weishaupt pada 1786 itu menceritakan alasannya mendirikan iluminati.

Beberapa tulisan Weishaupt bisa ditemukan di arsip kota Ingolstadt.

"Gila melihat orang mengait-ngaitkan banyak hal dengan iluminati," katanya. "Semua peristiwa yang disebut-sebut itu tidak ada hubungannya dengan iluminati."

Dan saat ini mulai banyak orang di Ingolstadt, seperti Klarner, yang berupaya memberikan pencerahan terkait iluminati.

"Misalnya Revolusi Prancis, ada teori yang menyebut bahwa revolusi itu bermula di Ingolstadt, bahwa iluminati adalah otak intelektual di balik gerakan itu. Hal-hal seperti inilah yang perlu diluruskan," kata Klarner.

Klarner pun secara regular mengadakan tur kota dengan tema iluminati, untuk mengedukasi pengunjung tentang kelompok itu. Saya mencoba ikut serta. Ketika kami melintasi rumah-rumah yang dicat bewarna hijau, oranye dan kuning, Klarner pun menceritakan apa signifikansi rumah tersebut bagi kelompok iluminati. Dia seakan membawa saya kembali ke zaman lampau.

Wartawan lokal Michael Klarner membuat tur Iluminati di kotanya.

"Tentu saja ada orang-orang yang percaya dengan teori konspirasi, yang ikut tur saya ini," aku Klarner. "Namun, kami bisa mengedukasi mereka dengan memberi tahu mana yang fakta dan mana yang sebenarnya memang cuma konspirasi."

Kembali ke toko buku Suster Anna, misteri tentang iluminati tampaknya masih terus menyita imajinasi perempuan pemalu ini, meskipun buku-buku sejarah berkata lain.

"Beberapa orang pernah datang ke sini dan bertanya soal pertemuan-pertemuan rahasia itu," dia mencondongkan badannya ke depan, seakan ingin menceritakan sebuah rahasia penting pada saya. "Saya yakin ada sesuatu di sini, tapi apa tepatnya yang ada di rumah-rumah itu, saya tidak tahu."

Comments

Name

#EksposeSosmed,16,#HappyKAIDay,1,18+,45,1965,1,2017,1,212,11,4play,1,Abdul Rozak,1,Aceh,1,Adolf Hitler,1,Adriansyah Martin,1,afghanistan,3,Ahmad dani,1,Ahok,16,Ahok Bebas,1,Ahok Cerai,3,Air Kencing Onta.Minum Air Kencing,2,Air mata,1,Air Minum,1,Aksi Heroik,1,Alaska,1,alexis,8,Aliran dana,1,Aliran Kepercayaan,5,Aliran Sesat,1,Alkohol,1,Allahuakbar,10,Almaidah 51,1,Alquran,1,Alumni 212,7,Amerika,32,Amien Rais,7,Amnesty,1,Anak,1,Anak Haram,1,Anak SMP,1,Anak-anak,1,Anies Baswedan,55,Anies-sandi,27,Anjing,1,Annisa Bahar,1,antibiotik,1,Apartemen Miring,1,APBD,3,APBN,5,Apec,1,Aplikasi,3,Apple,1,Arab Saudi,16,Arya Bima,1,asean,1,Asmat Papua,1,Asusila,19,Atheist,11,Auditor BPK,2,Australia,1,Austria,1,Ayu Ting-ting,2,Babi Kutil,1,Babi Pelukis,1,Bahasa Tubuh,1,Bakpao,6,Bakti Sosial,1,Bali,3,Bangladesh,2,Banjir,1,Banjir Jakarta,9,Bank Indonesia,2,Bantaran Kali,1,Bantuan Dana,1,Banyak Suami,1,Barack Obama,2,Barang-barang Mewah,1,Batavia 1941,1,Becak,3,Bekasi,1,Belanda,2,Belgia,1,BEM UI,3,Benjamin Netanyahu,1,Beras,1,Beras impor,2,Berat Badan,1,Bercerai Di Penjara,1,Berenang,1,Berita hoax,1,Bhineka Tunggal Ika,1,Bibir Pecah,1,Bintang Porno,2,Bioskop,2,Bisnis,1,Bisnis Online,2,Bitcoin,3,Blogger,1,Blok Mahakam,1,BMKG,1,BNN,1,Boikot AS,1,Boikot Facebook,2,Bollywood,1,Bom Meledak,2,Borubudur,1,Bosscha,1,Box Office,1,BPJS,1,Bu Dendy,1,Budaya,75,Buddha,1,Buka-bukaan,1,Bukit Duri,1,Buku Pelajaran,1,Buleleng,1,Bulog,2,Bumi Datar,2,Bunda Maria,1,Buni Yani,2,Bupati Talaud,2,Burqa,1,Bursa Efek Indonesia,1,Buruh,3,Cacat Hukum,1,cadar,1,Cak Imin,1,Candi Borubudur,2,cantrang,1,Capres,8,Caracal,1,Celana Panjang,1,Cemburu,1,cerai,2,Ceramah Batal,1,Ceramah Politik,1,Cheng Ho,1,China,3,Chocolicious.,1,Cicak,1,Ciliwung,1,Ciri-ciri hoax,2,Coklat radikal,1,Crane Ambruk,2,Cristiano Ronaldo,2,Crystalmeth,1,Daging Babi,2,Daging Hewan,1,Dana Desa,1,Dana Parpol,1,Darah,4,Davinci,1,Demo Supir Angkot,1,DEMOKRAT,1,Depok,1,Dewi Persik,2,Diet,1,Difabel,1,Dilan 1990,1,Dimodalin Usaha,3,Dinosaur,1,DIPA,1,Diplomatik,2,Dipo Latief,1,Diskotek,2,Diskriminasi,1,Diskriminasi Pelajar,2,Disrupsi,1,Djarot,2,DNA,1,Doa Bapa Kami,1,Dokter Bercadar,1,Donald Trump,14,DP 0 Rupiah,4,DPR,41,DPRD,5,Drmo Supir Angkot,1,Dubes,1,Duta Lalu Lintas,2,Duterte,1,E-KTP,23,Edukasi,54,Eggi Sudjana,1,ekonomi,74,Ekspor,1,Elektabilitas,1,Elvi Sukaesih,3,English,2,entertainment,4,erupsi,1,Es Kutub Mencair,1,Fadli Zon,15,Fahri Albar,1,Fahri Hamzah,11,Fatwa,1,Fauna,9,Fiksi,1,FIlm,2,Film Theater,1,Fintech,1,Firza Husein,3,Fitch,1,Food,1,FPI,25,Freemasonry,1,Freeport,1,G20,1,Gaji,1,Gaji PNS,2,Ganguan Jiwa,2,Ganja,2,Ganti Rugi,2,Garuda Indonesia,1,Gas,2,Gatal Gatal,1,Gatot Nurmantyo,3,Gedung BEI Roboh,1,Gempa,1,Genetik,1,Gereja,1,Gereja Katolik,1,Gerhana Bulan,1,Gerindra,3,German,3,Geser Warga,1,Ginjal,6,Global Warming,1,GMBI,1,Go Hyun Jung,1,Gojek,2,Golkar,2,Google Doodle,4,Google Trends,1,Grab,1,Gratifikasi,2,Gubernur,49,Gunung Agung,1,Gunung Sinabung,1,Habib Novel,2,Habib Rizieq,5,Hadi Tjahjanto,1,Halal - Haram,2,HAM,9,Hamas,1,Hamengku Buwono X,1,Hanura,2,Harga BBM Papua,1,Harga Minyak,1,Hari Ibu,4,Hari Pahlawan,2,Hari Pers Nasional,1,Hari uang Indonesia,1,Heroin,1,Hidup,50,Hijab,2,Hindu,2,Hiu,1,HIV/AIDS,1,HKBP Filadelfia,1,Hoax,6,Holiday,1,Hollywood,1,Hongkong,2,HTI,2,hujan es,1,HUKUM,26,Hutan,1,Hutang Luar Negri,1,Ibu Rumah Tangga,1,Iklan Hotel,1,Iklan Shampoo,1,Illuminati,1,imigran terroris,1,India,4,Indonesia,4,inflasi,1,infrastruktur,1,Inggris,4,Inklusi Keuangan,1,inpres,1,internasional,333,intoleran,1,Investasi,8,Investasi Asing,1,Investor Jepang,1,Iran,3,Iriana,1,Isis,12,iskemia,1,Islamiyah,191,Israel,13,istri dan suami,1,isuPKI,27,iuran,1,Jakarta,50,Jakarta Waspada Banjir,2,Jaman Now,1,Jantung,1,Japan,1,Jarum Infus,1,Jatim,1,Jawa Barat,1,Jembut,1,Jengkol,1,Jerusalem,3,Jihad,3,JK,4,Joen Tae Soo,1,Joged Bumbung,1,Jogyakarta,3,Jokowi,75,Jomblo,1,Jonghyun,1,Jonru,10,Joshua,1,Jual-beli tanah,1,Jurus Bangau,1,Juwita Bahar,1,Kader Gerindra,2,Kades,2,Kafir,1,Kahiyang,3,Kaisar,1,Kalimantan Barat,1,Kamp Pengungsi,1,Kanada,1,Kartika Putri berhijab,1,Kartu Kuning,2,Katulampa,2,Katy Jurado,1,Kebutuhan Umat,1,Kelaparan,1,Keluarga,1,Kemendagri,1,Kementeian Keuangan,1,kencing berdarah,2,Kepala Negara,1,Keputusan Yang Baik,1,Kerja,7,Kesehatan,70,Ketindihan,1,KH Fahmi,1,KH Umar Basri,1,Khilafah,3,Khusus,13,Kim Jong-un,1,Kiwil,1,KKB,2,Klasmen Piala Presiden,1,Klitoris,1,KNPI,1,Koala,1,Koalisi,1,Komodo Bond,1,Komunis,9,Konflik,2,Konsultasi Kejiwaan,1,Konsumsi Rumah Tangga,1,korea selatan,3,korea Utara,4,Korupsi,22,KPK,3,KPOP,6,KPU,2,Krisis Ekonomi,1,Kristen,9,KSPI,1,KTP,1,KUA,1,Kucing,1,Kupu-kupu,1,Laba laba,1,Lampung,1,Lapas,2,Laporan Akhir tahun,1,Larangan Hak Milik Tanah,1,Larangan Ponsel,1,Legislasi,1,LGBT,12,LGBT Penyakit Menular,1,Lifestyle,28,LIngkugan,2,Lipsbalm,1,Live Streaming,1,London Stock Exchange,1,Longsor Bandara Soetta,1,LPI,1,Lucinta Luna,1,Lukisan,1,Lumba-lumba,1,Madrasah Aliyah,1,magelang,1,Mahar Ngutang,1,Mahar Politik,5,Malaysia,2,Malnutrisi,1,Mamalia,1,Manado,1,Manfaat Sertifikat Tanah,1,Mao Zedong,1,Marion Jola,1,Marsekal,3,Martin Luther,1,Mata Najwa,1,Mata perih,1,Maze Runner,1,Media Berita,1,Medis,1,Megawati,2,Meikarta,1,Membangun Jalur Kereta Api,1,Meme Kocak,3,Menag,1,Menangis,1,Mendagri,1,Mengatasnamakan Agama,1,Menghapal Kitab Suci,1,Menikahi Bidadari,1,Menkes,1,MenKeu,3,Menko,1,Mertua,1,Mesin Sensor,1,Mesir,2,MIa Khalifa,1,Mike,1,Mike Hughes,1,Milenial,2,Militer,4,Mimpi,1,Mobil Hello Kitty,1,Mobil Sport,1,Mobil Terbang,1,Monyet Berseragam Coklat,1,Moral,1,Motivasi,13,Movies,1,MRT,1,MUI,6,murtad,2,Mutasi,1,Myanmar,2,Nabi Muhammad,1,Naked,1,Napi,1,Narkoba,3,NASA,1,Nasional,572,Nasionalisme,1,Natal,2,Natal Di Monas,1,National Hospital,3,Nelson Mandela,1,Netizen,356,Neuroscince,1,Newyork,1,ngantuk,1,ngengat,1,Nikah Masal,1,NIkah Siri Sah Atau Tidak,7,Nikita Mirzani,1,Novelis,1,NTB,1,Nude,1,Nuklir,2,nyamuk,1,obat,1,Ojek online Muslimah,1,Ojesy,1,OK OCE,6,Open Kimono,1,Opini,108,opium,1,OPM,1,Orang Rimba,1,Orang-orang Super Kaya,1,Orde Baru,1,Organisasi Rahasia,1,Ormas,2,Ormas Islam,1,Otak,1,Other,4,Pajak,2,Pajak Kendaraan,2,Pakar ICMI,1,Pakar Tangkap Jin,1,Paket Hemat,1,Pakistan,2,Palestina,8,PAN,5,Panglima,4,Papua,5,Paradise Papers,2,Partai Berkarya,1,Partai Garuda,1,Partai Idaman,1,Partai Pendukung LGBT,3,Paspampres,1,Pasukan Elite,1,Pasutri,1,Paus Francis,1,Paus Fransiskus,1,Paus Sperma,1,PBB,5,PDIP,6,pelajar,1,Pelakor,1,Peledak Aktif,1,Pelembab Bibir,2,Pemerintah,59,Pemikir Dunia,1,Pemimpin Besar,1,Pemkab Talaud,1,Penceramah,1,Pencopet,1,Pendakwah,1,Penembakan,2,Pengajian,1,Penganiaya Guru,1,Pengantin Pria pingsan,1,Pengawal Prabowo,1,Penggelapan Pajak,1,Penggelapan Tanah,1,Pengungsi,2,Pengusaha,2,Penipuan,1,Penyakit Kronis,1,Penyebaran Atheist,1,Perang Twitter,2,Peraturan,1,Perawan,1,Perawat Kurang Ajar,4,Perda,1,Perfume aroma Kelamin,1,Peristiwa,309,Permendagri,1,Pernikahan,3,Pernikahan Anak Jokowi,3,Pernikahan Beda Agama,1,Pernikahan Pangeran Harry,1,Pernikahan Vicky,1,Perpu,8,Persekusi,4,Pertama Di Jakarta,1,pertamina,2,Pesan Natal,1,Petani,1,Peternak Babi,1,Photo,3,Photo Hot,1,Piala presiden,1,Pidato,3,Pidato Ormas,1,Pilgub,2,Pilkada,4,Pilpres,11,Pindah Agama,1,PKI,4,Plantix,1,PLN,4,Plt Gubernur,1,PNS,1,pohon cemara ditebang,1,Pohon Jodoh,1,pohon natal,1,POLEMIK INDONESIA,84,Poliandri,1,Poligami,4,Politik,199,Polri,6,PPP,1,Prabowo,15,Prancis,4,Pribumi,1,Pronografi,1,Pruritus,1,Psikolog,2,psikopat,1,Psoriasis,1,Puan Maharani,1,Pura-pura koma,1,Purba,1,Putin,4,Putra Mahkota,1,Putusan MK,1,Rabu Abu,1,Radikalisasi,2,Radio Romance,1,Ramadhan,1,rambut,1,Rangsangan,1,Rapat Paripurna,1,Ratna Sarumpaet,1,Ratu Elizabeth,1,Real Madrid,1,Red velvet,1,Refrendum,1,Regulasi,1,Rehabilitasi,1,Reklamasi,2,Remaja,1,Remisi,1,Reshufle Kabinet,1,Revenge Porn,1,Revolusi industry 4.0,1,Revolusi Putih,2,Rhoma irama,1,Rina Nose,6,Rizieq Shihab,6,Rohingya,32,Roket,1,Romo Magnis,1,Ronaldo Terluka,1,RSCM,1,Rumah Lapis,2,Rumah Susun,5,Rusia,6,Rusunami,1,RUU MD3,3,Sabu-sabu,1,Sains,86,Saksi Yehuwa,1,Salah Menulis Ayat,1,Salat dijalan,1,Salon Waria,1,Sandiaga uno,35,Sara,6,sarapan,1,Satire,2,Satwa DIlindungi,1,SBY,3,SD,1,Sejarah,1,Sejarah Indonesia,1,Seks-somnia,1,Selancar,1,Selebgram,1,Self Marriage,1,Selingkuh,2,Seniman babi pertama di dunia,1,Senum,1,Sepak Bola,1,Sepeda Listrik,1,Serangan Jantung,1,Serangan Siber,2,Sergei Einstein,1,Sertifikasi Komputer Gratis,1,Sertifikat Tanah Gratis,2,Sesama Jenis,1,Setya Novanto,28,Shinee,1,Si Dukun,1,Sidang,1,Sidang Ahok,3,Silicon Valley,1,simcard,1,Singapore,1,Sinopsis,1,Sinopsis Maze runner,1,Skema Ponzi,1,Skeptis,1,Skizofrenia,1,Sleep Paralysis,1,Social Media,14,Soeharto,2,Soekarno,2,Sosmed,1,Sotosop,1,Species Baru,1,Sri Mulyani,4,Staff Presiden,1,Story,28,Stress,1,Sudan,1,SUGBK,1,Suku Muharas,1,sumpah pemuda,1,Sumut,2,Supermarket,1,Surabaya,2,Surat Terbuka Untuk BEM UI,1,Suriah,1,Survei,9,Susi Pudji Astuti,4,Susi PudjiAstuti,1,Sweeping,1,Syariah,3,Syariat,1,Tag,190,Tahun Baru,4,Tahun Politik,1,Tamara Blezinsky,1,Tambang,1,Tanah Abang,5,Tanda-tanda Seseorang Terjangkit HIV/AIDS,1,Tarian Daerah,1,Tarif Listrik,3,Tarif Tol,1,Tasikmalaya,1,Taylor Swift,1,Technologi,13,Teknologi,1,Tentakel,1,Tentara Langit,2,Terima Uang Keselamatan,1,Termiskin Di Dunia,1,Terror,16,Terror di gereja Lidwina,4,Tes Keperawanan,1,TGUPP,1,Thailand,1,Therapy,1,thoghut,1,Tiang Listrik,9,Tidur,2,Tiket Pulang Kampung,1,Timnas,1,Tionghoa,3,Tiongkok,4,Tito Karniavan,3,TKI,1,TNI,6,TNI-AU,2,Toa Masjid,1,Today In History,9,Tommy Soeharto,1,Tragedy,50,Trans Papua,1,Traveling,1,Trending,179,Trump,1,Tsunami,1,Tugu Demokrasi,1,Turis,2,Turki,2,Turnamen Catur,1,Uang,1,UAS,1,UGM,2,Ulama,5,ulasan,1,Umi Kalsum,1,Umi Pipik,2,Umur Panjang,1,Uni Soviet,1,unik,54,Universitas Indonesia,1,Upah Murah,1,Ustad Somad,7,Utang,1,UU ITE,1,Vagina,1,Valentine,2,Valentine day,1,Vatikan,1,Verifikasi Parpol,1,Veronica Tan,3,Vicky prasetyo,2,Video anak smp dan sma,1,Videos,25,Vietnam,4,Vinyl Metallica,1,Viral,96,Virginia Woolf,1,Voting,1,Wanita,3,Wapres,3,Wartawan,1,Wilder Penfield's,1,Wisata Halal,1,Wisatawan China,1,WNI,3,World War IV,18,WOW,56,WTF!,74,Xi jinping,2,Yahudi,2,Yaman,2,Yazidi,1,Yerusalem,5,Yesus,1,Yoga,1,Yogyakarta,1,Youtuber,1,Zakat,1,Zina,1,
ltr
item
Kredibel Times: Berita Terkini Hari ini Indonesia dan Dunia: Tempat lahir Iluminati, kelompok yang menentang pengaruh agama
Tempat lahir Iluminati, kelompok yang menentang pengaruh agama
Sejarah Iluminati didirikan oleh seorang profesor hukum Universitas Ingolstadt, Adam Weishaupt pada 1 Mei 1776.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj15pKmKzHyXjgDKADjwWwzAnftkUqTWa1X8toPjxEmCBUJvk6SSdKsS_hvhSYPGvV1H28sg_apzVzX_LOz4-lKLktFc4G92O-gsW7iFVJeDav4Z9mnCjsk_7ol195sc1TvsjhcK91_MtP3/s400/1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj15pKmKzHyXjgDKADjwWwzAnftkUqTWa1X8toPjxEmCBUJvk6SSdKsS_hvhSYPGvV1H28sg_apzVzX_LOz4-lKLktFc4G92O-gsW7iFVJeDav4Z9mnCjsk_7ol195sc1TvsjhcK91_MtP3/s72-c/1.jpg
Kredibel Times: Berita Terkini Hari ini Indonesia dan Dunia
https://k-times.blogspot.com/2017/12/tempat-lahir-iluminati-kelompok-yang.html
https://k-times.blogspot.com/
https://k-times.blogspot.com/
https://k-times.blogspot.com/2017/12/tempat-lahir-iluminati-kelompok-yang.html
true
2880961228636837202
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Semua Readmore Reply Cancel reply Delete By PAGES Halaman View All Recommended Content Next ARCHIVE Pencarian ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy